Pengertian dan Fungsi HTML

 HTML itu merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antara web server dengan klien (browser) dan memberikan marup (tanda) khusus untuk melaksanakan atau menampilkan perintah khusus pula. dengan HTML kita dapat membuat web. Kita juga bisa membuat link ke halaman lain di web kita atau halaman lain di web lain.

HTML itu bisa berupa bahasa yang dapat juga dikenali oleh web browser yang berfungsi untuk menampilkan informasi baik itu berupa teks, gambar, suara, animasi bahkan video.
Kode HTML memiliki aturan dan struktur penulisan yang tesendiri yang diseubt dengan tag HTML. Tag adalah kode yang digunakan untuk memoles (mark up). teks ASCII (American Standard Code for Information Interchange) menjadi file HTML, yang wajib kamu ketahui adalah pada setiap tag yang diapit oleh tanda kurung runcing. ada tag pembuka yaitu dan ada juga tag penutup yang ditandai dengan tanda garis miring (slash) di depan awal tulisannya.

Tag diatas memberikan arti bahwa yang akan ditulis diantara kedua tag tersebut merupakan isi dari dokumen atau code HTML. Kamu juga harus mengetahui bahwa tag-tag html bisa juga ditulis baik itu dengan huruf besar atau bisa juga dengan huruf kecil. Artinya, penulisan atau atau akan sama saja. Namun perlu selalu diingat bahwa penulisan tag yang salah meskipun hanya satu karakter akan berpengaruh terhadap hasil HTML itu sendiri dan berdampak tidak bisa untuk ditampilkan pada browser.

Sekarang coba anda liat kode program dibawah ini

------------------------------------------------------------------
<html>
<body> 
 Hai, Selamat Datang di Iansyahbelajar.com
 </body> 
</html> 
------------------------------------------------------------------

Untuk pemangilan Kode HTML dengan Browser yang saat ini sudah bisa anda download, Web Browser adalah suatu program yang digunakan untuk membaca kode HTML yang kemudian menerjemahkannya kedalam bentuk visual. Beberapa contoh web browser adalah Internet Explorer, Firefox, Opera, Goggle Chrome, Safari dan lain-lainnya.

Untuk pemanggilannya anda harus mendownload web server local, kita bisa memanggilnya dengan alamat, "localhost/new 1.html" jika nama file disimpan dengan nama new 1, namun jika nama file disimpan dengan nama lain kamu bisa menggantinya, "localhost/(namafilenya).html".


Pengertian dan Fungsi HTML
Sebenarnya dalam pemangilan file HTML dapat langsung, artinya tidak perlu mendownload web server local, namun adakalanya kamu harus mendownloadnya, karena dalam pembuatan situs web, pemanggilan dengan web server lokal sangat dianjurkan.

Pengertian dan Fungsi HTML

Berikut tampilan pada file yang dibuka tanpa web server lokal, perhatikan alamatnya, jika membuka dengan web server lokal  http://localhost/new%201.html namun jika membuka tanpa web server lokal file:///D:/AppServ/www/new%201.html.

Tapi sayangnya, HTML adalah web statis,  karena jika saat kita ingin membuat sebuah web, dengan memiliki banyak halaman, maka kita dituntut untuk membuat halaman web yang banyak juga. Di lain pihak, PHP adalah suatu script (tepatnya server-side script) yang memproses perintah-perintah dan mengembalikan ke server sudah dalam bentuk HTML.

Pada pengertian dan fungsi HTML di materi ini dan dasar-dasar HTML sangat diperlukan dalam pembuatan website, bahkan sudah banyak sekali kode-kode HTML yang dapat memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk membuat website agar menjadi keren, kita bisa cari di Mbah Google.

Saat ini perkembangan HTML sudah sangat pesat, dan telah mengalami perkembangan dari setiap versinya tentunya dalam setiap perkembangan itu menjadi lebih baik.

1. HTML versi 1.0

Pada versi 1.0 HTML lahir di tahun 1989, dengan kemampuan yang diantaranya heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. pada versi 1.0 ini juga sudah  mendukung dalam tata letak image pada dokumennya namun dengan tidak memperbolehkan meletakan teks disekelilingnya (wrapping).

2. HTML versi 2.0 

Pada versi 2.0 HTML merupakan versi yang menjadi ujung tombak lahirnya homepage interaktif, dimana kelebihannya diantaranya kualitas HTML yang terletak pada kemampuan untuk menampilkan suatu form pada dokumen. dengan adanya kelebihan ini maka dalam HTML dapat memasukan nama, alamat, serta saran dan  kritik.

3. HTML versi 3.0

Pada versi 3.0 HTML rilis di tahun 1997, dengan menambahkan dalam beberapa fasilitas yang bisa berguna diantaranya tabel, HTML ini juga di sebut sebagai HTML+ dan segera digantikan dengan HTML 3.2.

4. HTML versi 4.0

Pada versi 4.0 yang diterbitkan di tgl 18 Desember 1997 ini merupakan versi yang terakhir pada masanya, pada versi ini memuat banyak sekali perubahan-perubahan, dengan kemampuan penambahan  table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain- lain.

Namun pada tgl 24 April 1998 lahir HTML versi 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C, pada HTML versi 4.01 menjadi standar di tahun 1999, dengan perbaikan-perbaikan sebelumnya pada HTML versi 4.0, semenjak HTML versi 4.01 rilis, menjadi standar resmi sampai saat ini.

5. HTML 5

Pada HTML 5 merupakan versi terbaru pada HTML, HTML 5 merupakan penyempurna HTML 4.01 yang diterbitkan pada tahun 1999, HTML 5 dibuat oleh World Wide Web Consortium (W3C), dan dipublikasikan pada tahun 2008, pada HTML 5 banyak fitur yang tersedia bahkan sampak fitur yang memberatkan dapat berjalan lancar di HTML 5 , diantaranya fitur  :

1. Kanvas untuk menggambar
2. Video dan elemen audio untuk media pemutaran
3. Dkungan lebih baik untuk penyimpanan local
4. Elemen baru, seperti artikel,footer,header,nav
5. Kontrol bentuk baru, seperti kalender, waktu, URL, search, email, tanggal.

Dengan kehadiran HTML 5 dunia internet berubah secara drastis dan sangat diminati, pada tahun 2011 HTML 5 diterbitkan sepenuhnya, serentak masyarakat dunia mulai menggunakannya, dengan kemudahan-kemudahan dan kecepatan yang dibutuhkan untuk proses pemrograman.